English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 29 Mei 2013

Keanekaragaman Pakan yang Tersedia dalam Kolam Miracle Green

Dissolved Organic Nutrient (DON) dan Suspended Solid Nutrient (SSN) merupakan ragam pakan yang selalu tersedia dalam Water and Feed Management System Miracle Green Probiotik Organik. Secara kasat mata DON dan SSN terlihat seperti lumpur, akan tetapi bukan sekedar lumpur melainkan sumber makanan bagi lele. DON dan SSN merupakan nutrisi yang baik untuk lele organik karena secara alamiah nutrisi ini muncul dalam kolam sistem. Dibawah ini merupakan foto cara pengaliran DON dan SSN dari kolam pengayaan nutrisi ke kolam budidaya dengan mengunakan pompa.

Air DON yang dialirkan melalui pompa

Air SSN yang dialirkan melalui pompa


DON dan SSN alangkah lebih baik diberikan secara maksimal pada lele yang masih berukuran kecil (ukuran 2-3 sampai 9-12 secara terus menerus) sehingga penggunaan pakan akan lebih sedikit/ murah karena sudah tercukupi dengan DON dan SSN. Nutirisi ini dapat ditemukan dalam kolam kultur nutrisi, kolam pengayaan nutrisi, bak kontrol, dan kolam tandon. Oleh karena itu diharapkan nutrisi yang tersedia ini dapat disalurkan secara tepat kepada mereka yang membutuhkan yaitu lele organik yang kita pelihara. Gambar di bawah ini adalah SSN yang diambil dari kolam kultur nutrisi dan kolam pengayaan nutrisi secara manual.

Pemberian SSN secara manual

Ikan bergerak aktif memakan SSN

Selain DON dan SSN, terdapat pula sumber makanan baik lainnya yang muncul dari kolam sistem yaitu kutu air dan jasad renik. Sama halnya dengan pemberian DON dan SSN, pemberian kutu air dan jasad renik juga  sangat baik diberikan kepada benih lele ukuran kecil yang dapat diberikan secara terus menerus dan tidak perlu khawatir terjadinya over feeding karena sumber makanan ini alami muncul dalam sistem. Kondisi tersebut dapat menghemat kebutuhan pellet sampai 50%.

Kutu air yang muncul dalam bak kontrol dapat diambil menggunakan seser rapat

Pemberian kutu air secara manual

Pemberian jasad renik untuk lele ukuran kecil

Kebutuhan nutrisi lele ukuran kecil tercukupi dengan jasad renik

Sebelum pabrik-pabrik pellet berdiri seperti sekarang ini, kita mengetahui bahwa dahulu sudah ada lele sehat dan besar. Ragam pakan yang disebutkan di atas merupakan makanan yang sesunguhnya untuk lele.
Semoga bermanfaat dan mencerahkan. Together We Can !!!

Catatan : Lakukan pemberian ragam pakan secara terus menerus bila perlu terjadwal selama 24 jam.

2 komentar: